Rabu, 22 Jan 2020 15:30 WIB

Begal Bokong Tertangkap, Adakah Cara Mengenali Pelaku Pelecehan Seksual?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Bisakah mengenali pelaku pelechan seksual? (Foto: (iStock))
Jakarta -

Baru-baru ini pelaku begal bokong di Jakarta Timur, berinisial BHR ditangkap oleh polisi. Tentu pelaku pelecehan seksual ini telah membuat resah banyak orang.

Bahkan tindakan kriminal seperti pelecehan seksual kerap terjadi belakangan ini. Apakah ada cara untuk mengetahui seseorang yang terindikasi menjadi pelaku pelecehan?

Menurut psikolog Ratih Zulhaqqi, MPsi, dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, tidak ada ciri-ciri yang bisa menandakan seseorang menjadi pelaku pelecehan seksual.

"Ciri-ciri sehari-harinya nggak ada yang bisa mengenali, kecuali pada saat dia melakukan tindakan itu. Dia bisa jadi orang yang sangat ekspresif, bisa jadi orang yang punya banyak teman. Jadi itu tuh sesuatu yang sebenarnya bisa dia tampung," kata Ratih kepada detikcom, Rabu (22/1/2020).

Menurutnya kebiasaan perilaku seseorang tidak ada yang spesifik. Jadi tidak bisa ditentukan hanya dari kebiasaan sehari-harinya saja.

"Pada saatnya nanti kita bisa menyimpulkan 'oh ternyata dia begitu tuh untuk menutupi ini ya', tapi biasanya di setiap kasus tuh berbeda. Dan aku nggak bisa mendiagnosa itu dari perilaku sehari-hari, karena harus melewati pemeriksaan," ucap Ratih.

"Dia nggak bisa kalau hanya dilihat dari sampul depannya atau kesehariannya saja itu nggak bisa," lanjutnya.

Sebab menurut Ratih untuk dapat mengetahui seseorang mempunyai potensi melakukan tindakan pelecehan seksual adalah dengan melakukan pendekatan, seperti mengenal kepribadian, dan memahami cara pola pikir, serta bagaimana pelaku memposisikan diri di lingkungannya.



Simak Video "Wabah COVID-19, Status Korea Selatan Naik jadi 'Gawat'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)