Rabu, 22 Jan 2020 19:20 WIB

Soal Kabar Turis Terinfeksi, Kemenkes Pastikan Virus Corona Belum Masuk RI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kemenkes RI pastikan belum ada infeksi virus corona masuk ke Indonesia (Foto: iStock)
Jakarta -

Turis asal China yang berkunjung ke Bintan dikabarkan terinfeksi virus corona mirip pneumonia yang berasal dari Wuhan. Diduga turis tersebut mengalami gejala yang menunjukkan infeksi virus corona.

Namun hingga saat ini dipastikan belum ada virus corona yang masuk ke Indonesia.

"Belum, sampai hari ini Indonesia belum ada infeksi corona virus. Kalau WNI yang di China juga belum ada laporan dari KBRI mengenai masyarakat yang terkena," tegas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, dr Wiendra Waworuntu, MKes, saat dijumpai pada Rabu, (22/1/2020).

Soal Kabar Turis Terinfeksi, Kemenkes Pastikan Virus Corona Belum Masuk RIFoto: infografis detikHealth

Meski demikian, Kemenkes telah meningkatkan kesiagaan baik di pintu masuk negara dan rumah sakit di seluruh daerah mengingat ada penerbangan langsung dari China ke Indonesia. Kemenkes sudah menetapkan 100 rumah sakit rujukan untuk infeksi emerging yang berkaitan dengan virus corona.

"Saat ini kami ikuti arahan dari WHO karena belum ada guidelinenya. Jadi sekarang masih melakukan screening dan health alert card," pungkasnya.

Sejak awal Januari 2020, Kementerian Kesehatan telah meningkatkan kewaspadaan terhadap pneumonia dari virus corona dengan memasang thermal scanner di 135 pintu masuk negara. Pengunjung yang menunjukkan gejala seperti demam dan sesak napas serta diketahui memiliki riwayat perjalanan dari China akan langsung ditangani secara komprehensif.



Simak Video "Temukan Vaksin Virus Corona, Ilmuwan Hong Kong: Masih Perlu Diuji"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)