Kamis, 23 Jan 2020 05:00 WIB

Tahapan Operasi Caesar yang Belum Diketahui

Niken Widya Yunita - detikHealth
Foto: iStock/Tahapan Operasi Caesar yang Belum Diketahui
Jakarta -

Ingin melahirkan dengan operasi caesar dalam waktu dekat ini? Banyak orang yang belum mengetahui melahirkan dengan operasi caesar.

Beberapa orang menganggap melahirkan dengan operasi caesar lebih mudah. Namun kenyataannya tidak semudah faktanya.

Sebelum menjalani operasi caesar, ada baiknya mengetahui tahapan operasi caesar.



1. Ibu Dibius

Sebelum melahirkan secara caesar, ibu maka akan diberi anestesi atau dibius lokal. Ibu akan tetap terjaga saat operasi caesar, namun perut akan mati rasa dari pinggang ke bawah.

Beberapa jam setelah operasi, setelah efek bius mulai hilang, maka luka sayatan mulai terasa nyeri.

2. Perut Ibu Disayat

Kemudian perut dan rahim ibu akan disayat sekitar 10 sampai 20 centimeter. Umumnya sayatan dibuat horizontal di bawah garis pinggang.

3. Bayi Dikeluarkan

Setelah sayatan dibuat, bayi pasien akan dikeluarkan. Dokter akan mengangkat bagian kepala bayi dan bahu terlebih dulu. Proses berlangsung 5 hingga 10 menit. Dokter pun akan memperlihatkan dan memberikan bayi pada ibu setelah dikeluarkan dari perut.

4. Dokter Keluarkan Plasenta

Tahapan operasi caesar selanjutnya yakni dokter akan mengeluarkan plasenta dari rahim. Dokter juga akan memberikan injeksi hormon oksitosin untuk merangsang kontraksi rahim sehingga perdarahan akan berkurang dan berhenti total.



5. Tutup Sayatan

Selanjutnya dokter akan menutup sayatan pada rahim dan perut dengan jahitan. Durasi waktu operasi caesar sekitar 40 hingga 50 menit.

6. Ibu Diberi Obat Pereda Nyeri

Setelah itu, ibu akan dipindahkan ke ruang perawatan. Dokter akan memberikan obat pereda rasa nyeri untuk mengurangi rasa sakit pada bekas sayatan.

Setelah operasi caesar, juga akan terjadi perdarahan normal yang keluar dari vagina pada hari pertama setelah operasi caesar. Hal itu normal namun perlu diwaspadai bila darah yang keluar sampai harus mengganti pembalut lebih dari dua kali dalam 1 jam selama dua jam berturut-turut. Pendarahan umumnya bertahan hingga enam minggu.

7. Ibu Diberi Bantuan untuk Menyusui

Pasien akan diberikan bantuan untuk menyusui bayinya. Kateter pun dilepas ketika pasien sudah bisa berjalan yakni sekitar 12 hingga 18 jam setelah operasi caesar.

Perlu diingat, dokter juga melarang ibu berhubungan seksual empat sampai enam minggu setelah operasi caesar. Selain itu jarak ideal kehamilan setelah melahirkan caesar adalah 24 bulan atau paling cepat 18 bulan.





Simak Video "Melihat Proses Melahirkan dengan Operasi Caesar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)