Jumat, 24 Jan 2020 11:21 WIB

Kenapa Nafsu Makan Hilang Ketika Sedang Cemas?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Nafsu makan hilang saat sedang cemas (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Ketika sedang merasa cemas seringkali nafsu makan hilang begitu saja. Mengapa hal itu bisa terjadi, apakah mereka saling berkaitan?

Dikutip dari Medical News Today, ketika seseorang mulai merasa cemas, hormon stres akan dilepaskan oleh tubuh. Hormon-hormon ini mengaktifkan sistem saraf simpatik yang membuat denyut jantung menjadi lebih cepat, dan tekanan darah menurun.

Penelitian menunjukkan bahwa lonjakan hormon stres yang tiba-tiba ini memiliki beberapa efek fisik. Salah satunya adalah adanya hormon corticotropin-releasing factor (CRF), yang berfungsi untuk mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan penekanan nafsu makan.

Tak hanya itu, hormon stres pun bisa memberikan efek pada pencernaan, seperti sembelit, diare, gangguan pencernaan, dan mual.

Hal ini dapat menyebabkan gejala fisik tambahan, seperti meningkatnya frekuensi pernapasan, detak jantung, otot terasa tegang, dan kulit pucat, atau memerah. Beberapa gejala fisik ini bisa terasa sangat tidak nyaman, sehingga membuat seseorang kehilangan nafsu makannya.

Namun tak perlu khawatir, sebab otak akan memberikan alarm hormon kortisol. Hormon ini berfungsi untuk menstabilkan kinerja otak akibat stres.

Kenapa Nafsu Makan Hilang Ketika Sedang Cemas?


Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)