Jumat, 24 Jan 2020 16:04 WIB

Cegah Penularan Virus Corona, Awas Jangan Percaya Hoax Masker Dipakai Terbalik!

Firdaus Anwar - detikHealth
Ingat, pakai masker tidak perlu dibalik (Foto: viral)
Jakarta -

Untuk mencegah penularan virus corona, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyarankan agar masyarakat menjaga kebiasaan sehat. Salah satunya dengan memakai masker.

"Kalau untuk kita semua, satu jaga kesehatan kita. Hidup bersih, cuci tangan, kalau batuk dan pilek ya ditutupi lah jangan batuk di muka orang. Tatakrama atau pakai masker. Gitu-gitu aja, ya saling menjaga," kata Menkes Terawan pada Kamis (23/1/2020).

Terkait hal tersebut beberapa waktu lalu di media sosial sempat beredar video dan unggahan yang menyebut ada dua cara pakai masker. Bagian warna masker dianggap memiliki fungsi yang berbeda.

Bagian berwarna putih dipakai saat sedang sakit untuk menyaring kuman dari dalam ke luar. Sementara saat sehat bagian putih masker dipakai di luar untuk menghalangi kuman dari luar masuk ke dalam tubuh.

Menanggapinya dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed, tidak membenarkan hal tersebut.

"Nggak benar. Yang birunya harusnya di luar," katanya beberapa waktu lalu.

"Ini kan ada bagian yang keras, nah itu untuk hidung. Supaya mebentuk hidung kita supaya efek kebocorannya lebih kecil," jelasnya.

Business Manager Consumer Health Care Division PT 3M Indonesia, Yunadi Aulia Desmawan, juga tidak membenarkan hal tersebut dengan kata lain hoax.

"Masih banyak masyarakat Indonesia pakai masker itu dibolak-balik, bagian dalam dipakai normal kalau mau melindungi diri dari serangan luar. Tapi pada saat sakit, mereka membalik sisi dalam ke sisi luar, dengan presepsi untuk melindungi orang lain," pungkasnya.



Simak Video "Penjelasan Medis Soal Gunakan Masker Terbalik adalah Salah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)