Sabtu, 25 Jan 2020 05:04 WIB

Tips dari RSHS Bandung Agar Tak Tertular Virus Corona

Mukhlis Dinillah - detikHealth
Virus corona menular lewat udara (Foto: Getty Images)
Bandung -

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung tengah mewaspadai wabah virus corona. Meski berbahaya karena menyebabkan kematian, virus tersebut bisa dihindari penularannya. Begini tipsnya.

Wakil Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Bandung, Anggraeni Alam mengatakan gejala virus corona hampir sama dengan SARS. Pasien yang terjangkit akan mengalami demam, gangguan pernafasan, batuk pilek hingga nyeri tenggorokan.

"Jadi virus corona ini saudaranya SARS. Gejalanya saya hanya penyebabnya saja yang berbeda, karena ini juga virus baru," kata Anggraeni kepada wartawan di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jumat (24/1/2020).

Ia menuturkan berdasarkan kasus yang terjadi di Wuhan, Tiongkok, virus corona menular melalui antarmanusia melalui udara. Sehingga, sambung dia, masyarakat perlu waspada dengan penularannya.

"Penularan virus ini lewat udara. Penyakit ini punya inkubasi selama 14 hari," ungkap dia.

Ia berbagi tips untuk masyarakat agar terhindar dari penyebaran virus tersebut. Caranya dengan menyediakan masker ketika beraktivitas di luar terutama bepergian menggunakan transportasi massal seperti pesawat, kereta.

"Sebisa mungkin menghindari kalau ada yang sakit batuk pilek, pakai masker (tapi ganti teratur). Biasakan pola hidup sehat juga, minimal cuci tangan sebelum makan atau apapun itu," jelas dia.

Menurutnya perlu diwaspadai adanya kerabat yang baru mengunjungi negara-negara terdeteksi terdapat pasien virus corona.

"Tentu kami juga dalam penanganan kalau ada pasien yang mengalami gejala (corona), kita lihat faktor lainnya seperti sempat bepergian ke China atau tidak. Itu jadi proses screening bagi kami," ujar Anggraeni.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/up)