Sabtu, 25 Jan 2020 06:24 WIB

Feses Mengapung Pagi Ini? Waspadai 3 Gangguan Kesehatan Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kondisi feses menunjukkan status kesehatan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Walaupun memang tak semua orang memerhatikan fesesnya saat buang air besar, namun jika kamu adalah yang sempat melihat fesesmu sebelum diguyur dan dalam kondisi mengapung, bisa jadi artinya tubuhmu tidak terlalu sehat.

Feses yang sehat berwarna cokelat, berbentuk seperti sosis dan tidak mengapung. Dikutip dari Live Strong, berikut adalah alasan-alasan, baik yang normal maupun buruk, mengapa fesesmu mengapung:

1. Gas berlebih

Salah satu penyebabnya adalah udara berlebih dari gas di usus. Peningkatan gas merupakan kejadian yang normal dan penyebab umum dari feses yang mengapung. Dengan kata lain, jika hal ini terjadi sekali atau kadang-kadang saja, bisa jadi bukanlah hal yang untuk dikhawatirkan. Sebab makanan tinggi serat, termasuk kacang dan beberapa buah serta sayur bisa juga menyebabkan gas, terutama jika kamu makan dalam jumlah lebih banyak.

2. Gangguan gastrointestinal

Gangguan gastrointestinal bisa menyebabkan feses mengapung. Menurut sebuah studi pada Agustus 2015 dalam European Journal of Gastroenterology & Hepatology, ditemukan lebih dari seperempat orang dengan gangguan fungsional pencernaan mengalami kondisi ini. Jika hal ini terjadi bersamaan dengan gejala gangguan lainnya seperti nyeri, kembung, diare, dan konstipasi, bisa jadi tanda-tanda bahaya dari gangguan usus.

3. Terlalu banyak lemak

Apabila kamu kerap melihat fesesmu mengapung, bisa jadi artinya terlalu banyak lemak di fesesmu, yang menjadi tanda masalah yang lebih besar. Lemak dalam feses mengindikasikan adanya malfungsi pada pencernaan atau penyerapan nutrisi dan menjadi gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Mudahnya bayangkan saja minyak saat dicampur dengan air, minyak akan mengapung di atas air (minyak = lemak). Artinya mungkin tubuh tidak memecah lemak dengan benar.



Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)