Sabtu, 25 Jan 2020 13:16 WIB

Ini Dia Penampakan Virus Corona Baru yang Mewabah di China

Firdaus Anwar - detikHealth
Potret virus corona yang berhasil diisolasi peneliti. (Foto: NMDC)
Jakarta -

Untuk pertama kalinya peneliti China membagikan foto virus corona baru yang kini sedang mewabah. Gambar ini dibagikan untuk memudahkan kerja sama peneliti dalam mengidentifikasi dan mengendalikan penyakit sehingga tidak meluas.

Dalam keterangan di halaman resmi National Microbiology Data Center (NMDC), sampel virus ini diambil dari seorang pasien di Wuhan pada 6 Januari 2020 lalu. Tampak virus corona berbentuk bulat dengan ukuran hanya sekitar 100 nanometer (nm).

"Virus corona 2019-nCoV yang ditemukan di Wuhan adalah virus corona baru yang belum pernah ditemukan pada manusia sebelumnya," tulis NMDC dan dikutip pada Sabtu (25/1/2020).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini belum mengumumkan wabah virus corona di China sebagai masalah darurat global. Alasannya karena penyebaran penyakit sebagian besar masih terjadi di China.

"Jangan sampai salah. Penyakit ini sudah darurat di China tapi belum sampai jadi darurat global," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari CNN.

WHO mengaku akan terus mengawasi ketat perkembangan virus corona ini.



Simak Video "Bayi Baru Lahir di Wuhan Terinfeksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)