Senin, 27 Jan 2020 05:00 WIB

Round Up

Karantina Kota hingga Kebut RS, Ini Upaya China Hadapi Wabah Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Staf medis membawa seorang pasien ke Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan (Foto: STR/AFP)
Jakarta -

Kasus infeksi virus corona baru di China terus meningkat. Laporan terakhir menyebut sudah ada lebih dari 2.000 kasus dan 56 korban meninggal. Pemerintah China menghadapi serius ancaman virus ini.

Beberapa langkah penanganan virus corona telah dilakukan China. Mulai dari melakukan karantina besar-besaran hingga mengebut pembangunan dua rumah sakit khusus.

Berikut rangkumannya:

1. Karantina kota

Pemerintah China dilaporkan memberlakukan karantina massal pada 13 kota yang memengaruhi 41 juta jiwa. Para pakar menyebut karantina dalam skala sebesar ini tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Seluruh transportasi umum dihentikan dan petugas melakukan pemeriksaan pada orang-orang yang keluar masuk kota.

2. Bangun RS dalam seminggu

Untuk meningkatkan layanan kesehatan di kota Wuhan yang menjadi titik pusat wabah, China melakukan proyek pembangunan dua rumah sakit baru khusus untuk virus Corona.

Satu rumah sakit akan memiliki sekitar 1.000 tempat tidur dan ditarget selesai dalam waktu seminggu. Sementara rumah sakit lainnya didesain untuk memiliki sekitar 1.300 tempat tidur dan diprediksi selesai dalam waktu setengah bulan.

3. Eksperimen dengan obat HIV

Hingga saat ini belum ada obat dan vaksin yang benar-benar terbukti dapat mengatasi penyakit akibat virus corona baru. Para tenaga kesehatan China dilaporkan bereksperimen dengan memberikan pasien dengan obat antivirus yang biasa dipakai untuk mengobati human immunodeficiency virus (HIV).

Pada pasien HIV obat tersebut bekerja dengan cara menekan perkembangan virus di dalam tubuh.

4. Hentikan perdagangan hewan liar

Sumber virus corona baru ini diduga bermula dari pasar yang menjual berbagai macam hewan liar di kota Wuhan. Oleh karena itu Pemerintah China pada hari Minggu (26/1/2020) menerapkan larangan perdagangan.

Pasar, supermarket, toko online, dan restoran dilarang melakukan jual beli hewan liar.

5. Larangan bepergian

Demi mencegah virus corona baru ini menyebar luas, Pemerintah China memerintahkan seluruh agensi perjalanan menghentikan aktivitasnya. Untuk sementara sampai waktu yang belum ditentukan warga diimbau untuk tidak melakukan perjalanan.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)