Selasa, 28 Jan 2020 19:01 WIB

Turis China Ditolak di Sumbar, Menkes: Tak Semua yang Datang Itu Penyakit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Pada Minggu (26/1/2020) lalu, seratusan turis asal Kunming, China, tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman pukul 06.36 WIB. Sebanyak 174 turis itu datang untuk berwisata selama lima hari di Sumatera Barat.

Kedatangan mereka disambut langsung dengan baik oleh Gubernur Sumatera barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Sekda Sumbar Alwis, dan pemangku kepentingan terkait. Saat tiba di bandara, para turis melewati pemeriksaan imigrasi dan suhu tubuh menggunakan thermal scanner.

"Staf saya dua orang sudah kesana mengecek dan memberikan (pemahaman) kepada masyarakat, kita ingati bahwa tidak semua yang datang itu pasti suatu penyakit," jawab Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, saat ditemui di Lapangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Selasa (28/1/2020).

Menurutnya, dengan kunjungan dua staf Kemenkes ke Sumatera Barat itu bisa kembali mengecek keadaan di sana, memberikan dukungan, serta pemahaman jika Indonesia telah dijaga dengan baik.

"Maka dari itu, Kemenkes ke sana untuk mengecek kembali (keadaan), mendukung, dan memberi pemahaman kalau pintu gerbang (jalur masuk Indonesia) telah dijaga dan diamankan dengan baik," jelasnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)