Rabu, 29 Jan 2020 12:32 WIB

10 Kota di Indonesia yang Sempat Digemparkan 'Suspek' Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya. Ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso (Foto: Agung Pambudhy)

4. Surabaya

Di Surabaya, seorang pasien Warga Negara Asing (WNA) China diisolasi di Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya. Ia diisolasi terkait dugaan terinfeksi virus corona.

Setelah diperiksa lebih lanjut, pihak RS menyebut pasien tersebut hanya mengalami bronkitis yang sudah dimilikinya sejak lama. Statusnya saat ini negatif dari virus corona.

5. Cirebon

Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, salah satu pasien di RS tersebut yang berinisial S juga diperiksa mendalam. Ia mengeluh sakit setelah kembali dari Taiwan pada 15 Januari 2020 lalu.

Berdasarkan hasil uji laboratorium dan rontgen, pasien mengalami pneumonia atau radang paru-paru. Meskipun jadi salah satu gejala coronavirus, pasien tersebut dinyatakan negatif dari virus tersebut.

6. Purwokerto

Seorang WNA asal China berinisial LS (29) dirujuk ke RSUD Purwokerto. Ia mengalami demam, pilek, batuk, dan lemas sepulang dari Shanghai.

Pasien WNA itu sedang dalam masa pemeriksaan dan melewati observasi, untuk membuktikan tidak ada virus corona di tubuhnya.

7. Klaten

Di Klaten, seorang ayah bernama Ahmad Syaifudin Zuhri (35) dan putrinya R (2 tahun, 8 bulan), sempat diragukan membawa virus corona. Mereka baru pulang dari kota Wuhan, tempat virus itu berasal.

Namun, setelah ditinjau lebih dalam oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, keduanya dinyatakan aman dari virus corona. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya indikasi atau gejala yang mirip coronavirus setelah melewati 14 hari masa inkubasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]