Rabu, 29 Jan 2020 12:32 WIB

10 Kota di Indonesia yang Sempat Digemparkan 'Suspek' Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya. Ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Wabah virus corona yang muncul sejak Desember 2019 lalu ini sangat menggemparkan dunia. Virus yang berasal dari kota Wuhan, China, ini tercatat telah menyebar ke 16 negara di dunia.

Meskipun belum terbukti keberadaanya, virus corona ini juga menghebohkan masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah juga sempat membuat geger dengan adanya dugaan infeksi virus tersebut.

Dirangkum dari detikcom, berikut beberapa daerah yang ramai dan diduga terinfeksi virus corona.

1. Jakarta Selatan

Pada Kamis (23/1/2020) lalu, Jakarta sempat dihebohkan adannya 1 kasus karyawan Huawei yang diduga positif terinfeksi virus corona. Hal ini menimbulkan kepanikan hingga banyak karyawan di gedung BRI 1 dan 2 ramai-ramai memakai masker.

Setelah dicek lebih lanjut di rumah sakit, karyawan yang disebut datang dari China itu negatif dari virus dan hanya mengalami radang tenggorokan biasa.

2. Bandung

Warga Kabupaten Bandung juga digegerkan karena adanya 1 kasus yang diduga terinfeksi virus corona. Dalam kasus tersebut, dua orang asal Yunnan, China, yang menunjukkan adanya gejala virus langsung diisolasi pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam, pihak RSHS menyebut pasien yang dirawat tersebut negatif dan bukan suspek 2019-nCoV.

3. Jakarta Utara

Kasus yang diduga virus corona lainnya yang tak kalah heboh juga terjadi di Jakarta Utara, tepatnya di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Satu kasus tersebut dialami oleh pasien yang diketahui pernah berkunjung ke China.

Untuk membuktikannya, pihak RSPI melakukan berbagai pemeriksaan berupa pengambilan cairan hidung, tenggorokan, dan dahak. Setelah diperiksa, pasien tersebut bukan suspek dan negatif dari virus corona. Diyakini, pasien itu mengalami ISPA.

4. Surabaya

Di Surabaya, seorang pasien Warga Negara Asing (WNA) China diisolasi di Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya. Ia diisolasi terkait dugaan terinfeksi virus corona.

Setelah diperiksa lebih lanjut, pihak RS menyebut pasien tersebut hanya mengalami bronkitis yang sudah dimilikinya sejak lama. Statusnya saat ini negatif dari virus corona.

5. Cirebon

Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, salah satu pasien di RS tersebut yang berinisial S juga diperiksa mendalam. Ia mengeluh sakit setelah kembali dari Taiwan pada 15 Januari 2020 lalu.

Berdasarkan hasil uji laboratorium dan rontgen, pasien mengalami pneumonia atau radang paru-paru. Meskipun jadi salah satu gejala coronavirus, pasien tersebut dinyatakan negatif dari virus tersebut.

6. Purwokerto

Seorang WNA asal China berinisial LS (29) dirujuk ke RSUD Purwokerto. Ia mengalami demam, pilek, batuk, dan lemas sepulang dari Shanghai.

Pasien WNA itu sedang dalam masa pemeriksaan dan melewati observasi, untuk membuktikan tidak ada virus corona di tubuhnya.

7. Klaten

Di Klaten, seorang ayah bernama Ahmad Syaifudin Zuhri (35) dan putrinya R (2 tahun, 8 bulan), sempat diragukan membawa virus corona. Mereka baru pulang dari kota Wuhan, tempat virus itu berasal.

Namun, setelah ditinjau lebih dalam oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, keduanya dinyatakan aman dari virus corona. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya indikasi atau gejala yang mirip coronavirus setelah melewati 14 hari masa inkubasi.

8. Sidoarjo

RSUD Sidoarjo juga menerima pasien yang diduga terinfeksi virus corona. Pasien tersebut adalah seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang baru kembali dari Hong Kong.

Saat sampai di Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), wanita itu mengeluh sakit. Kini statusnya masih diobservasi dan belum tentu terinfeksi virus corona. Diduga hanya kecapean setelah menempuh perjalanan jauh.

9. Denpasar

Seorang pramugari yang baru datang dari China mengeluh flu serta demam. Pramugari tersebut langsung diarahkan ke RS Tabanan, Bali.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan observasi, tidak ditemukan gejala yang mengarah ke infeksi virus corona. Akhirnya, ia dinyatakan negatif terjangkit virus corona.

10. Manado

Tujuh penumpang pesawat Lion Air JT 2742 dengan rute penerbangan Changsha-Manado juga sempat diarahkan ke Kantor Kesehatan, Pelabuhan Bandara Sam Ratulangi.

Para penumpang tersebut diperiksa karena diduga terjangkit virus corona. Namun, setelah hasilnya keluar, mereka dinyatakan negatif dari virus.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)