Rabu, 29 Jan 2020 14:15 WIB

Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang

Niken Widya Yunita - detikHealth
Blood sample with respiratory coronavirus positive Foto: iStock/Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang


Ketiga, kriterianya yakni seseorang yang terjangkit virus corona adalah mereka yang melakukan perjalanan ke kota-kota yang terjangkit virus tersebut. Keempat, kontak dengan orang yang sudah terjangkit virus corona juga bisa menjadi salah satu sebab seseorang mungkin terjangkit virus.

Setelah mengetahui gejala virus corona, bagaimana cara pencegahan virus baru ini? Terawan menjelaskan beberapa hal yang bisa menjadi langkah antisipasi bagi masyarakat agar tak terkena virus Corona.

Cara pencegahan virus corona yakni kita harus menjaga kesehatan dengan hidup bersih. Cuci tangan menggunakan sabun. Kalau batuk dan pilek ditutupi dengan masker. Masyarakat juga harus makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, serta olahraga secukupnya dan jangan berlebihan.

Hingga saat ini belum ada obat spesifik untuk virus corona. Gejala virus corona bisa hilang sendiri bila ditangani sejak dini. Kantor berita China, Xinhua News Agency dan televisi nasional China, China Global Television Network (CGTN), Selasa (28/1/2020) menyebutkan, sedikitnya 51 pasien virus corona di Wuhan, China telah dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Spesialis paru dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas menjelaskan, meski belum ada obatnya, pasien virus corona bisa sembuh berkaitan dengan kekuatan sistem imun seseorang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/erd)