Rabu, 29 Jan 2020 16:54 WIB

Pesan Jokowi Agar TBC di Jabar Cepat Teratasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Cropped shot of a young businesswoman blowing her nose with a tissue in the office Tuberkulosis masih tinggi di Jawa Barat (Foto: iStock)
Cimahi -

Penularan TBC masih menjadi permasalahan di Indonesia, dan dampaknya tidak hanya menyangkut kesehatan, tetapi juga produktivitas masyarakat.

Saat ini, pemberantasan TBC menjadi prioritas pemerintah demi tercapainya target eliminasi TBC 2030, agar kasus TBC di Indonesia segera menurun.

Salah satu penyebab TB masih tinggi di Indonesia adalah minimnya rumah sehat di beberapa daerah. Maka dari itu, Presiden Joko Widodo menyinggung pembangunan rumah-rumah sehat harus segera selesai.

"Rumah-rumah yang masih belum sehat agar segera dikerjakan terutama di provinsi Jawa Barat, tadi gubernur juga sudah sampaikan," jelasnya saat ditemui di Cimahi Techno Park, Rabu (29/1/2020).

Ia menjelaskan persoalan rumah sehat bukan hanya menjadi beban menteri kesehatan, maupun kepala dinas kesehatan, ini juga menjadi salah satu tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia (PUPR).

"Bukan hanya urusan dokter, bukan menkes, kepala dinas kesehatan, ini juga jadi urusan menteri PUPR ini harus, bukan hanya ngurusin jalan tol bukan, drainase, sampah, rumah yang sehat itu sangat penting," pungkasnya.



Simak Video "Kata Jokowi soal Posisi Duduknya yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)