Kamis, 30 Jan 2020 15:47 WIB

Wabah Virus Corona Diprediksi Akan Mereda, Kemenkes Tetap Akan Waspada

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara siap menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien suspek corona. Wabah virus corona diprediksi akan segera mereda (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Belum lama ini, salah satu ilmuwan China mengatakan wabah virus corona 2019-nCoV segera mereda, dalam waktu seminggu atau sekitar 10 hari. Ia yakin wabah ini tidak akan meningkat dalam skala yang besar.

Menanggapi hal ini, Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Anung Sugihantono mengharapkan hal yang sama, meski hingga saat ini yang meninggal mencapai 123 orang.

"Oh kalau ngomong pandangan mereda dalam waktu dekat saya setuju gitu ya, tetapi secara epidomologis kita melihat bahwa eskalasinya masih belum berhenti terutama yang ada di China," jelasnya saat ditemui di Lt 1 Germas Kementerian Kesehatan RI, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Ia menegaskan kabar tersebut tal lantas membuat kewaspadan terkait 2019-nCoV menurun.

"Jadi ya kita nggak boleh mengendorkan kewaspadaan ya di dalam kerangka unyuk pelayanan terhadap apapun yang terjadi dengan novel coronavirus ini," katanya

Meski begitu, ia berharap kabar tersebut benar adanya.

"Saya harap begitu," tambahnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)