Jumat, 31 Jan 2020 14:40 WIB

Hailey Bieber Idap Ectrodactyly Sampai Jarinya Bengkok, Kondisi Apa Itu?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
WEST HOLLYWOOD, CA - NOVEMBER 05:  Hailey Baldwin arrives at PrettyLittleThing X Hailey Baldwin at Catch on November 5, 2018 in West Hollywood, California.  (Photo by Gregg DeGuire/Getty Images) Hailey Bieber akui idap Ectrodactyly. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Hailey Baldwin, atau kini lebih dikenal dengan nama Hailey Bieber sejak menikahi Justin Bieber, merasa 'gerah' dan risih dengan banyaknya pertanyaan netizen soal jari kelingkingnya. Dia kerap kali ditanya tentang bentuk jari kelingking yang menurut mereka aneh.

Menanggapi hal itu, Hailey Bieber pun memberikan penjelasan tentang bentuk kelingking bengkok tersebut. Sahabat Kendall Jenner dan Gigi Hadid ini mengungkap kalau dia mengalami kondisi yang dinamakan ectrodactyly.

Apa itu ectrodactyly?

Dalam dunia medis istilah 'Ectrodactyly' juga familiar dengan sebutan manusia dengan tangan kepiting atau 'Sindrom Manusia Kepiting'. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit langka, yang memiliki kelainan dengan kelainan seperti kecacatan yang terjadi tidak hanya pada tangan tetapi juga pada bagian kaki, demikian tulis situs Rare Disease.

Tidak seperti manusia normal yang mempunyai 5 jari secara terpisah, penderita ectrodactyly hanya mempunyai 2 hingga 3 jari pada tangan atau kakinya. Tidak hanya itu, para penderita ectrodactyly umumnya juga disertai oleh gangguan pendengaran.

Ectrodactyly bisa timbul akibat adanya mutasi genetik yang menyebabkan penghapusan, translokasi, hingga inversi dalam kromosom 7. Kelainan genetik ini pun dilaporkan bisa diturunkan dalam suatu keluarga.



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)