Rabu, 05 Feb 2020 07:00 WIB

Dampak Mengerikan Jika Berlebihan Ngupil Tiap Bangun Tidur

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Long hair little child girl pick her nose. Mulai sekarang, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ngupil di pagi hari (Foto: istock)
Jakarta -

Hayo ngaku siapa yang suka mengupil? Upil atau ingus yang mengering di dalam hidung memang sangat menggangu, karena pernapasan menjadi tersumbat.

Meski mengupil tidak menyebabkan masalah serius, hal-hal ini bisa terjadi, apabila kamu sedang merasa sakit atau mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, seperti dikutip dari Healthline.

1. Infeksi
Mengupil dengan menggunakan kuku bisa membuat lubang hidungmu terluka. Nantinya luka tersebut bisa dihinggapi oleh bakteri.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 menemukan bahwa orang yang suka mengupil, cenderung terinfeksi Staphylococcus aureus atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi serius.

2. Kerusakan rongga hidung
Studi mengatakan terlalu sering mengupil bisa mengalami peradangan dan pembengkakan jaringan hidung. Bahkan seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan penyempitan lubang hidung.

3. Mimisan
Tanpa kamu sadari kuku yang tajam dapat melukai pembuluh darah halus di dalam hidung saat mengupil, dan ini bisa menyebabkan pendarahan.



Simak Video "Cekungan di Atas Bibir Kamu Namanya Apa Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)