Rabu, 05 Feb 2020 09:30 WIB

Katanya Virus Corona Tak Menular lewat Produk China, Kenapa Impor Disetop?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Lebih dari 20 ribu orang terinfeksi virus corona di berbagai negara dunia. Hal itu membuat AS larang penumpang masuk dari China untuk cegah penyebaran virus itu Impor produk makanan dari China sementara dihentikan. (Foto: Getty Images/David McNew)
Jakarta -

Penularan dari wabah virus corona 2019-nCoV yang kian meluas dan cepat, membuat berbagai negara melakukan langkah antisipasi. Tak terkecuali di Indonesia, salah satunya dengan menghentikan sementara impor produk makanan dari China.

"Bahkan yang terakhir pemerintah menghentikan impor produk makanan dari tumbuhan atau pun hewan dari China," kata ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP, pada Selasa (4/2/2020).

Menurut dr Diah, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi produk makanan dari China, yang memang saat ini sudah ada di Indonesia. Sebab proses pengemasan dan pengiriman telah dilakukan sebelum adanya wabah virus corona ini.

dr Diah juga menjelaskan bahwa apa yang dilakukan pemerintah adalah sebagai bentuk kehati-hatian, agar menurunkan risiko penularan virus corona di Indonesia.

"Cuma memang untuk kehati-hatian dan salah satu pesan WHO adalah membatasi traffic perjalanan sesuatu dari sumber infeksi," jelas dr Diah.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)