Sabtu, 08 Feb 2020 09:18 WIB

Jakarta Diguyur Hujan, Ini Alasan Orang Mudah Sakit di Musim Hujan

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta terlihat gelap akibat hujan deras yang mengguyur, Jumat (24/1/2020). Akibat hujan beberapa di daerah Jakarta mengalami genangan air mencapai 40 cm. Jakarta yang diguyur hujan menimbulkan genangan di beberapa titik. (Foto ilustrasi: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Sejak beberapa hari ini Jakarta hujan deras. Pada hari Sabtu (8/2) hujan yang turun dilaporkan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya menimbulkan beberapa titik genangan.

Terkait hal tersebut para ahli memperingatkan agar orang-orang lebih waspada menjaga kebugaran tubuh di musim hujan. Alasannya karena biasanya angka penyakit seperti flu, demam, dan infeksi saluran napas akan meningkat.

Mengapa musim hujan bisa membuat orang lebih rentan terhadap penyakit?

Peneliti Dr Akiko Iwasaki dari Yale University, Amerika Serikat, menjelaskan ini berhubungan dengan kerja sistem imun. Di suhu yang lebih dingin sel imun bekerja lebih 'lambat' sehingga virus atau kuman penyakit lainnya dapat berkembang lebih baik.

Menurut peneliti sistem imun bekerja optimal di suhu sekitar 37 derajat celsius.

dr Helmin Agustina Silalahi dari Kalbe Farma menyarankan agar tak mudah sakit jaga kehangatan tubuh di musim hujan seperti dengan menggunakan baju hangat. Jika memungkinkan, gunakan pemanas ruangan.

"Selain itu, jaga nutrisi seimbang, dan tetap terapkan pola hidup yang sehat lainnya seperti istirahat dan olahraga yang cukup, minum air putih dan jaga kebersihan," tambahnya.



Simak Video "Mitos Kehujanan Bikin Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)