Senin, 10 Feb 2020 20:58 WIB

Sutradara Pemenang Oscar 2020 Ini Idap OOS, Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Taika Waititi accepts the Writing - Adapted Screenplay - award for Jojo Rabbit onstage during the 92nd Annual Academy Awards at Dolby Theatre on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images) Sutradara pemenang Oscar 2020 idap ini OOS. (Foto: Kevin Winter/Getty Images)
Jakarta -

Taika Waititi, sutradara pemenang Oscar 2020 lewat film Jojo Rabbit mengungkapkan dirinya menderita Occupational Overuse Syndrome (OOS). Keadaan ini membuatnya merasa kurang nyaman mengetik terutama dalam waktu yang lama. Hal ini diungkapkannya saat ia melayangkan kritik soal keyboard Apple yang perlu segera diganti.

"Rasanya mustahil mengetik dengan (keyboard) itu, mereka semakin buruk saja. Masalah ini membuat saya ingin kembali ke PC (personal computer)," ujarnya seperti dilansir dari The Verge.

OOS adalah terdiri dari berbagai kondisi seperti cedera dan ketidaknyamanan atau nyeri otot terus-menerus pada jari, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Kerusakan tersebut juga bisa terjadi pada tendon dan jaringan lunak lainnya yang tidak menimbulkan tanda pada fisik.

Dikutip dari Betterhealth, kondisi ini bisa disebabkan oleh aktivitas atau gerakan yang berulang, kuat atau postur yang tidak tepat. Ini juga dikenal dengan cedera regangan berulang atau RSI.

Tendon yang rentan dan diajak untuk bekerja terlalu keras bisa meradang. Hal ini bisa terjadi saat terlalu sering mengetik keyboard bahkan saat memainkan alat musik. Jika keadaan semakin parah, bisa berpengaruh hampir ke bahu, punggung, hingga leher.

Gejala umum yang biasa muncul saat mengalami OOS, antara lain:

1. Muncul rasa sakit di sekitar tangan, jari, hingga siku

2. Kelemahan otot

3. Muncul pembengkakan

4. Mati rasa atau kebas

5. Pergerakan sendi yang menjadi terbatas



Simak Video "Cara Atasi Nyeri Leher dan Lutut saat Work From Home"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)