Selasa, 11 Feb 2020 17:01 WIB

Di Tengah Wabah Corona, Penyakit Misterius Tewaskan 15 Orang di Nigeria

Firdaus Anwar - detikHealth
Wabah virus corona sebelumnya disebut penyakit misterius mirip pneumonia. Diseluruh dunia, pneumonia merenggut lebih banyak nyawa anak-anak daripada infeksi lainnya. Penyakit misterius serang Nigeria. (Foto: Istimewa/UNICEF/Modola)
Jakarta -

Nigeria mengumumkan penyakit "epidemic aneh" yang disebut telah menewaskan 15 orang. Kementerian Kesehatan Nigeria merespons dengan membentuk tim ahli untuk menyelidiki penyakit yang masih belum diketahui penyebabnya ini.

Dikutip dari The Independent, setidaknya sudah ada sekitar 104 orang diduga terpengaruh. Menteri Kesehatan Osagie Ehanire menyebut penyakit misterius ini tampaknya bukan virus ebola, demam lassa, atau virus corona baru (2019-nCoV).

"Untuk sekarang, investigasi medis belum mendeteksi penyebab pastinya. Tapi ada indikasi kecurigaan senyawa kimia yang biasa dipakai untuk menangkap ikan di daerah yang terpengaruh bisa jadi penyebab. Hanya saja masalah ini akan dibahas bila sudah keluar hasil investigasi lebih jauh," kata Ehanire seperti dikutip dari The Guardian Nigeria, Selasa (11/2/2020).

Penyakit pertama kali dilaporkan muncul di negara bagian Benue pada tanggal 29 Januari lalu. Orang yang diserang penyakit ini punya ciri khas kakinya membengkak, muntah-muntah, dan diare.

Senator Nigeria yang mewakili Benue, Abba Moro, mengatakan beberapa pasien meninggal hanya sekitar 48 jam.



Simak Video "Dugaan Lain Munculnya Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)