Selasa, 11 Feb 2020 18:30 WIB

Hand Sanitizer Vs Tisu Antiseptik, Mana yang Baik Cegah Virus Corona?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
hand sanitizer Hand sanitizer dianggap mampu cegah coronavirus. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Dalam menangkal terinfeksi virus corona, ada berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan, salah satunya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Tapi, cara yang wajib dilakukan adalah kebiasaan membersihkan tangan.

Alih-alih dengan air dan sabun, sebagian orang ada yang memilih menggunakan hand sanitizer ataupun tisu basah antiseptik. Hal ini dipilih karena lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja. Tapi, dari keduanya mana yang lebih baik untuk mencegah virus corona?

Dikutip dari Young Parent, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan hand sanitizer dengan kandungan 60-95 persen alkohol memang bisa membersihkan kuman. Tapi, cairan ini tidak bisa menghilangkan semua jenis kuman yang menempel di tangan.

Sementara tisu basah antiseptik, hanya akan membersihkan kuman pada permukaan saja. Seorang ahli virologi dari Queen Mary University of London juga telah melakukan penelitian tentang tisu basah.

Hasilnya, tisu basah antiseptik bukan menghilangkan kuman, tapi malah menyebarkannya ke seluruh permukaan dan bagian tangan.

Menanggapi hal ini, konsultan penyakit menular senior di National Center for Infectious Diseases (NCID), Dr Kalisvar Marimuthu memilih hand sanitizer. Karena hasilnya lebih berpengaruh daripada tisu basah yang malah menyebarkan kuman.

Namun, di antara keduanya dr Marimuthu lebih menyarankan cara terbaik untuk membersihkan tangan, adalah mencucinya dengan air dan sabun.

Sabun dan air bisa mengurangi jumlah dari semua jenis kuman di tangan dan harus rutin melakukannya. Agar lebih efektif, gosok tangan selama 20 detik ke seluruh sela-sela tangan, bilas dengan air hingga bersih, dan biarkan hingga kering sendiri.



Simak Video "Dugaan Lain Munculnya Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)