Selasa, 11 Feb 2020 19:00 WIB

Viral Kamar Kosan Penuh Sampah, Kemungkinan Hoarding Disorder?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi rumah Ilustrasi kamar berantakan. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Di sosial media Twitter viral video kamar kosan seseorang yang sangat berantakan. Dalam video yang beredar disebut penghuni kamar memiliki timbunan sampah yang tidak pernah dibuang.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Korea Selatan. Kala itu petugas kebersihan membagikan foto sebuah unit apartemen yang sangat jorok sampai ia memerlukan waktu 7 jam untuk membersihkannya.

Banyak yang kemudian mengaitkan situasi tersebut dengan gangguan kejiwaan yang disebut hoarding disorder. Mengutip Mayo Clicic, hoarding disorder atau gangguan menimbun adalah kesulitan yang dialami untuk membuang atau berpisah dengan benda yang dimilikinya karena merasa memiliki ikatan spesial dengan barang tersebut.

Orang dengan gangguan menimbun sering menyimpan barang acak dengan sembarangan. Dalam kebanyakan kasus, mereka menyimpan barang yang mereka rasa akan dibutuhkan di masa depan, berharga, atau memiliki nilai sentimental.

Beberapa gejala khusus pengidap hoarding disorder antara lain:

- Menimbun barang secara berlebihan meski sudah tidak memiliki ruang.
- Selalu merasa kesulitan membuang barang terlepas dari nilainya.
- Merasa perlu untuk menyimpan barang dan kesal saat memikirkan untuk membuangnya.
- Kamar sampai tidak bisa ditempati lagi karena penuh barang.
- Memiliki kecenderungan perfeksionisme dan masalah dengan perencanaan juga pengorganisasian.

Gangguan ini tentu menimbulkan kesuilitan besar dalam bidang pekerjaan dan lingkungan bagi diri sendiri dan sekitarnya. Seperti halnya kondisi mental lain, mendapatkan perawatan dan bantuan dari masalah tersebut dapat mengurangi gangguan menjadi lebih buruk.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)