Rabu, 12 Feb 2020 15:37 WIB

Indonesia Bakal Bikin Vaksin Virus Corona COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wabah virus corona membuat masyarakat ramai-ramai mengenakan masker. Menariknya, selain manusia, hewan hingga patung turut pakai masker untuk cegah virus itu. Para ilmuwan berlomba-lomba menciptakan vaksin untuk virus corona Wuhan (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Penyakit Baru COVID-19
Jakarta -

Wabah virus corona COVID-19 yang muncul di akhir Desember 2019, kini telah menyebar ke beberapa negara. Hingga saat ini belum ada vaksin untuk COVID-19, namun beberapa peneliti telah berusaha mengembangkannya. Bahkan di Indonesia, Lembaga Eijkman pun berencana mengembangkan vaksin untuk virus ini bekerja sama dengan instansi lain.

Prof David H Muljono, dr, SpPD, FINASIM, PhD, peneliti senior Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, menjelaskan pengembangan vaksin untuk virus corona atau COVID-19 yang baru direncanakan. Menurutnya, rencana ini masih menjadi bahasan awal.

"Rencana pengembangan vaksin telah dilakukan pembahasan awal dengan PT Biofarma untuk mengembangkan vaksin COVID-19," katanya saat memaparkan materi di Auditorium Sitoplasma, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Baca juga:

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan uji coba pengembangan vaksin di Indonesia nantinya merupakan pengembangan obat herbal asli Indonesia. Pengembangan obat tersebut nantinya dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

"Uji coba pengembangan obat herbal asli indonesia terkait peningkatan imunitas tubuh seperti curcumin dan lain-lain yang bisa pencegahan virus termasuk coronavirus," katanya.

"Jika belum tersedia isolat virus 2019-nCoV (COVID-19) melalui kemampuan bioinformatika yang telah dikuasai akan dilakukan kajian in-silicon (menggunakan komputer) untuk mengidentifikasi bagian-bagian antigenik dari virus 2019-nCoV," paparnya.

Menurutnya, dengan bekerja sama dengan instansi sepeti rumah sakit pendidikan, pengembangan vaksin bisa terlaksana.

"Bisa mengembangkan vaksin kerja sama dengan biofarma dan uji coba di rumah sakit-rumah sakit pendidikan dan penelitian seperti di UNAIR yang memiliki BSL3 (Biosecurity Level 3) dan RS pendidikan lain yang berjumlah 24," tambahnya.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Penyakit Baru COVID-19