Rabu, 12 Feb 2020 17:45 WIB

Viral! Peneliti Brazil Temukan Virus Misterius yang Tak Dikenali Asal Usulnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Yaravirus Yaravirus, virus baru yang belum ditemukan genomnya. (Foto: Screenshot viral)
Jakarta -

Para peneliti di Brazil menemukan jenis virus yang sama sekali baru dan sangat asing bahkan bagi saintis. Terlebih, gen virus tersebut tidak pernah terdeteksi sebelumnya.

Virus yang diberi nama Yaravirus tersebut ditemukan dari Danau Pampalhua, sebuah danau buatan di Belo Horizonte, Brazil. Dilaporkan dari Science Alert, virus ini merupakan tantangan menarik bagi peneliti untuk lebih memahami genomnya.

Meski tidak termasuk dalam kategori 'giant virus', peneliti masih melihat bahwa Yaravirus sangat unik. Penyebabnya? Peneliti telah mencari gen Yaravirus di ribuan data genom lingkungan dan tetap tidak menemukan petunjuk yang menunjukkan betapa jarangnya virus ini.

"Ini adalah salah satu alasan mengapa virus baru ini sangat menarik dan kami mengklaim bahwa itu menantang klasifikasi virus DNA," tutur Jônatas Abrahão, penulis senior dan ahli mikrobiologi dari Federal University of Minas Gerais, Brazil.

Menemukan virus baru sangat menarik bagi peneliti. Terlebih menemukan virus yang hampir tidak memiliki kemiripan dengan virus yang dipelajari sebelumnya sangat jarang terjadi.

Saat ini dengan hebohnya wabah virus corona dan penyakit misterius lainnya di dunia, penemuan ini bisa dianggap sangat menyeramkan dan mengganggu. Beruntung, kalian tidak perlu terlalu panik.

Peneliti menyebut Yaravirus tidak menginfeksi sel manusia. Yaravirus memang berbeda, tetapi hal tersebut memberikan kesempatan bagi para ilmuwan untuk menambah pengetahuan mereka tentang genom virus yang tentunya akan berguna di masa mendatang.



Simak Video "Virus Baru di China, WHO Imbau Seluruh Rumah Sakit Dunia Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)