Rabu, 12 Feb 2020 19:14 WIB

Lawan Virus Corona, Kemenkes Malaysia dan Singapura Bentuk Komite Bersama

Firdaus Anwar - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Singapura dan Malaysia bentuk komite bersama untuk menghadapi virus corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan Singapura dan Kementerian Kesehatan Malaysia sepakat membentuk komite bersama pada Selasa (11/2/2020). Tujuannya untuk memperkuat kerja sama antarnegara dalam menghadapi wabah virus corona (COVID-19) yang saat ini sudah terdeteksi di kedua wilayah.

Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad mengatakan kerja sama dengan Singapura diperlukan karena tingginya tingkat perjalanan warga setiap hari.

"Kita saling berbagi jalan lintas. Setiap hari ada ratusan orang bepergian karena asalan keluarga, pekerjaan, atau jalan-jalan. Oleh sebab itu semakin banyak alasan agar kita memperkuat dan meningkatkan kerja sama dalam mengelola wabah virus corona ini," kata Ahmad seperti dikutip dari Straits Times, Rabu (12/2/2020).

Laporan menyebut pejabat senior dari kedua belah pihak selama beberapa hari ke depan akan menentukan komposisi anggota dan kerangka acuan komite.

Hingga Rabu (12/2/2020), Singapura sudah melaporkan hampir 50 kasus virus corona sementara Malaysia melaporkan 16 kasus.

Beberapa hari yang lalu Singapura telah menaikkan status ancaman virus corona di wilayahnya menjadi oranye. Ini adalalah kedua kalinya Singapura mengaktifkan kode oranye setelah wabah flu babi (H5N1) di tahun 2009.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)