Sabtu, 15 Feb 2020 16:13 WIB

WNI Karantina dari Natuna Tiba di Lanud Halim, Dibekali Sertifikat

Firdaus Anwar - detikHealth
menkes terawan natuna Menkes terawan saat di kepulangan WNI dari Natuna. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta -

Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dikarantina selama 14 hari di Natuna karena kekhawatiran virus corona telah tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020) pukul 15.30 WIB. Kedatangan para WNI ini disambut oleh pejabat daerah dan keluarga yang sudah beberapa jam menunggu.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan para WNI tiba di Jakarta menggunakan tiga pesawat. Wanita dan anak-anak menumpang pesawat Boeing 737 sementara pria menumpang pesawat Hercules.

"Saya baru saja mendarat bersama rombongan pertama tadi mengangkut 100-an orang... Mereka semua dalam keadaan sehat, jadi tadi saya bersama mereka satu pesawat," kata Menkes Terawan pada media di Lanud Halim, Sabtu (15/2/2020).

Rencananya para WNI dari Natuna ini akan diserahkan ke pejabat daerah asal sebelum dikembalikan ke keluarga mereka. Kementerian Kesehatan juga membekali para WNI dengan sertifikat untuk membuktikan status kesehatannya.

"Kami lengkapi juga dengan sertifikat kesehatan dia dari hasil pemeriksaan, pemantauan selama masa observasi," lanjut Menkes Terawan.

Sebelumnya para WNI ini dievakuasi dari pusat wabah virus corona di Wuhan, China, pada 2 Februari lalu. Mereka telah lolos skrining kesehatan sebelum kembali namun prosedur standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengharuskan karantina selama 14 hari untuk memastikan masa inkubasi virus telah lewat.



Simak Video "Sebut WNI ABK World Dream 'Duta Imunitas Corona', Menkes Dicibir"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)