Minggu, 16 Feb 2020 08:32 WIB

Bahaya dan Manfaat Cesium 137, Material Radioaktif yang Cemari Tangsel

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tim Teknisi Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) dari Korps Brimob Polri diterjunkan ke lokasi yang terpapar radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (15/2/2020). Tim KBR mengecek di titik paparan radioaktif. Petugan memeriksa material radioaktif di Tangerang Selatan (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Perumahan Batan Indah Tangerang Selatan terpapar radiasi Cesium 137. Diduga ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di lokasi tersebut dan dipastikan bukan dari reaktor nuklir.

Sebenarnya, apa sih Cesium 137 atau Cs 137 itu?

Dikutip dari Pubchem, cesium sendiri merupakan elemen yang secara alami ditemukan dalam jumlah kecil di dalam batu, tanah, dan debu. Cesium 137 atau disebut juga radiocesium adalah bentuk isotop radioaktif yang terbentuk sebagai byproduct pada reaksi nuklir.

Dari mana asal Cesium 137?

Cesium 137 dan isotop radioaktif lain yakni Cesium 134 dihasilkan dari fisi nuklir atau pembelahan inti nuklir untuk menghasilkan sejumlah energi. Cesium 137 juga termasuk byproduct atau produk sampingan dari reaktor nuklir dan uji coba senjata nuklir.

Sejumlah kecil Cesium 137 ditemukan di lingkungan dari hasil uji coba senjata nuklir yang terjadi di tahun 1950-1960-an. Kecelakaan reaktor nuklir di Chernobyl pada 1986 juga mencemari lingkungan dengan Cesium 137.

Material radioaktif yang mencemari Tangerang Selatang adalan Cesium 137 atau Cs 137.Material radioaktif yang mencemari Tangerang Selatang adalan Cesium 137 atau Cs 137. Foto: Grandyos Zafna

Seperti apa wujud Cesium 137?

Karena umumnya terikat dengan klorida, Cesium 137 lebih sering ditemukan dalam bentuk serbuk kristal dibandingkan bentuk aslinya yakni cair

Apa kegunaan Cesium 137?

Dalam jumlah kecil, Cesium 137 digunakan untuk mengkalibrasi alat-alat untuk melacak paparan radiasi. Dalam jumlah yang lebih besar, digunakan juga di dunia medis sebagai terapi radiasi untuk mengobati kanker.

Apakah Cesium 137 berbahaya?

Tergantung intensitasnya. Paparan eksternal dalam jumlah besar bisa memicu luka bakar, penyakit radiasi akut, dan bahkan kematian. Paparan Cesium 137 bisa meningkatkan risiko kanker karena radiasi gamma yang dihasilkan.

Paparan internal lewat pernapasan misalnya, menyebabkan material radioaktif terdistribusi ke dalam jaringan lunak, terutama otot. Jaringan yang terkontaminasi akan terpapar partikel beta dan radiasi gama, sehingga risiko kanker meningkat.



Simak Video "Dukungan yang Bisa Dilakukan agar Pasien Corona Tak Takut Stigma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)