Selasa, 18 Feb 2020 09:16 WIB

Legenda 'Roh' Pencabut Nyawa dan Serangan Jantung Menjelang Subuh

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Little girl suffering bullying raises her palm asking to stop the violence Mitos 'roh' pencabut nyawa di Thailand ternyata berhubungan dengan serangan jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Kabar duka menyelimuti keluarga penyanyi Bunga Citra Lestari. Suaminya, Ashraf Sinclair, meninggal dunia di usia 40 tahun pada pukul 04.51 WIB.

Serangan jantung di usia muda seperti dialami Ashraf Sinclair bisa dipicu oleh banyak faktor. Salah satunya masalah kelistrikan jantung, yang oleh masyarakat Thailand kerap dikaitkan dengan legenda Lai Tai.

"Di Thailand namanya Lai Tai," kata dr Yamin, ahli jantung dari RS Cipto Mangunkusumo dalam tayangan Pagi-pagi pasti Happy di TransTV, Selasa (18/2/2020).

Menurut dr Yamin, legenda ini erat kaitannya dengan kondisi medis yang dikenal sebagai Brugada Syndrome. Kelainan listrik jantung ini banyak memicu kematian mendadak pada laki-laki, usia muda, dan dari ras China seperti Thailand dan Vietnam.

"Pada kelainan ini, pada saat tidur pagi-pagi, subuh sebelum dia bangun, terjadi korslet listriknya sehingga jantungnya berhenti mendadak," jelas dr Yamin.

Dimitoskan dalam legenda Lai Tai, kematian mendadak tersebut terjadi karena nyawa laki-laki muda tersebut dicabut oleh 'roh perawan' yang sakit hati karena dikecewakan. Akibatnya pada zaman dahulu banyak laki-laki muda tidur dengan pakaian wanita.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)