Selasa, 18 Feb 2020 15:21 WIB

Ditanya Soal Vaksin Corona, BPOM Masih Tunggu Pengembangannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu Ilmuwan dunia kembangkan vaksin COVID-19. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Tak hanya di luar negeri, Indonesia kabarnya juga akan memproduksi vaksin untuk menangkal virus corona jenis baru atau COVID-19. Namun, hal ini masih belum bisa di pastikan waktunya.

Disinggung mengenai vaksin, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito, BPOM akan mengurus perizinannya agar bisa di edarkan di Indonesia. Tapi sampai sekarang pihaknya masih menunggu perkembangan.

"Kita tunggu ya, karena masih di luar yg mengembangkan (vaksin/obat) . Jika nanti sudah ditransfer ke kita, atau kita melakukan pengembangan riset itu sendiri, BPOM akan mendampingi dari awal," katanya.

Penny mengatakan pihaknya akan memberikan jalur hijau atau cepat untuk mengurus perizinannya. Sehingga bisa lebih cepat juga beredar untuk digunakan masyarakat.

"BPOM siap untuk menyediakan jalur hijau yang sangat hijau dan kami akan jadikan itu prioritas pendampingan, agar bisa selesai dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," ujarnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)