Rabu, 19 Feb 2020 11:30 WIB

Penyebab Vertigo, Kenali Gejalanya Sejak Awal

Niken Widya Yunita - detikHealth
vertigo Foto: istock/Penyebab Vertigo, Kenali Gejalanya Sejak Awal
Jakarta -

Vertigo adalah gejala saat kepala terasa berputar dan sakit sekali. Kalau vertigo terjadi sangat parah akan berlangsung berhari-hari dan akan menghambat rutinitas sehari-hari.


Penyakit vertigo terbagi menjadi 2, yakni vertigo perifer dan sentral. Vertigo perifer adalah vertigo yang sering terjadi dan penyebabnya adalah gangguan pada telinga bagian dalam. Sementara vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan karena gangguan pada otak atau sistem saraf pusat.


1. Vertigo Perifer


Dilansir dari Web MD, vertigo perifier sering disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. Beberapa penyebab paling umum pertama, Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Gejalanya vestibuler telinga dalam mengalami gangguan dan dipicu oleh perubahan posisi dan gerakan kepala tiba-tiba. Seperti perubahan posisi kepala dari posisi tegak menjadi menunduk tiba-tiba. Gejala ini biasa terjadi pada usia lanjut, namun tidak tertutup kemungkinan terjadi pada usia muda.


Selain itu adanya riwayat cedera kepala. Orang yang mengalami cedera kepala sebelumnya bisa mengalami vertigo. Karena itu jagalah baik-baik kepala kamu, jangan sampai cedera atau terbentur benda keras.


Ketiga, penyebab vertigo periferal yakni peradangan atau infeksi di bagian telinga dalam atau labirintitis. Infeksi telinga bagian dalam disebabkan oleh virus dan bakteri, misalnya flu atau pilek. Telinga bagian dalam ini berperan penting dalam mengendalikan pendengaran dan keseimbangan seseorang.


Ada lagi penyebab vertigo yakni vestibular neuronitis atau peradangan yang terjadi pada bagian saraf telinga yang terhubung langsung dengan otak. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus tiba-tiba. Kondisi ini dapat terjadi selama beberapa jam dalam sehari dengan gejala hilang kesimbangan, kepala kleyengan, mual, atau pun muntah. Peradangan ini tidak membuat kamu kehilangan pendengaran.


Terakhir,penyebab vertigo periferal yakni penyakit meniere. Penyakit ini tergolong langka yang meyerang telinga bagian dalam. Gejalanya meliputi telinga berdenging, dan kehilangan pendengaran dalam waktu tertentu.


2. Vertigo Central


Vertigo central (https://www.detik.com/tag/vertigo) terjadi karena gangguan pada otak atau sistem saraf pusat. Otak yang berpengaruh yakni otak kecil.


Penyebab vertigo central yakni migrain. Migrain yakni sakit kepala sebelah yang sangat sakit diiringi dengan rasa nyeri. Biasanya remaja kerap mengalami migrain. Kemudian penyebab lainnya yakni multiple sclerosis atau gangguan sinyal saraf yang terjadi pada sistem saraf pusat, otak dan tulang belakang. Hal ini akibat kesalahan pada sistem kekebalan tubuh seseorang.


Penyebab vertigo central lainnya yakni neuroma akustik. Neuroma akustik adalah tumor jinak yang tumbuh pada saraf vestibular. Saraf vestibular yaitu sistem saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Neuroma akustik umumnya karena kelainan genetik. Penyebab vertigo central berikutnya yakni mengidap tumor otak yang menyerang otak kecil sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi gerakan tubuh.


Penyebab vertigo central berikutnya yakni stroke. Stroke adalah penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak. Terakhir, penyebab vertigo central yakni mengonsumsi bermacam-macam jenis obat.


Setelah mengetahui penyebab vertigo di atas, segeralah ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Biasanya dokter akan memberikan obat tertentu. Bisa jadi dokter akan menyarankan kamu untuk terapi.



Simak Video "Resep dan Cara Meracik Jamu Kunyit Asam"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)