Rabu, 19 Feb 2020 14:48 WIB

Fakta di Balik Pesan Viral Soal Kemungkinan Ashraf Sinclair Idap GERD

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
momen manis BCL dan Ashraf Sinclair Beredar pesan Ashraf Sinclair idap GERD. (Foto: Instagram @bclsinclair)

3. Konsumsi garam bisa redakan gejala GERD

Dalam pesan tersebut pun disebutkan bahwa garam mampu menjadi pertolongan pertama dalam penanganan gangguan mag atau GERD. Tertulis bahwa asam akan ternetralisir sifat basa pada garam. Asam lambung bersifat membantu pencernaan tapi sangat merusak jika berlebihan.

Padahal kenyataannya, garam justru memperburuk gangguan mag yang sedang kambuh pada pasien.

"Konsumsi garam bisa meningkatkan produksi asam lambung, yang memperberat penyakit saluran cerna yang dialami pasien. Jika sakit mag kambuh, pasien sebaiknya segera mengonsumsi obat antasida atau anti asam untuk mengendalikan produksi asam lambung," jelasnya.

4. Makan daging bisa atasi mag

Dalam pesan tersebut juga tertulis konsumsi daging, dianggap mampu membantu mengatasi gangguan lambung pasiennya. Menanggapi hal ini dr Ari menuturkan makan daging sebetulnya boleh-boleh saja asal tidak terlalu banyak dalam waktu singkat. Tapi tentunya bukan untuk mengatasi sakit mag yang sedang kambuh.

"Faktor yang menginduksi produksi asam lambung adalah karena mengonsumsi daging dalam waktu singkat secara berlebihan. Faktor ini kemungkinan sudah ada sebelumnya," jelas dr Ari.

Terkait GERD dan Ashraf Sinclair, hingga kini sekarang pun tidak ada keterangan resmi mengenai riwayat penyakit yang diidap Ashraf Sinclair sebelum meninggal dunia.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(kna/up)