Rabu, 19 Feb 2020 15:06 WIB

Awas Bunda, Si Kecil Rawan Terkena Virus Corona Loh!

Angga Laraspati - detikHealth
bayi Foto: shutterstock
Jakarta -

Si kecil yang baru berusia 1 tahun masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga rentan terhadap virus. Sistem imun si kecil masih belum mampu memerangi virus-virus yang masuk ke dalam tubuh.

Virus-virus pun dapat dengan mudah berkembang di dalam tubuh si kecil yang menyebabkan kesehatannya terganggu. Oleh karena itu, perlu adanya campur tangan dari orang tua untuk menjaga kesehatan si kecil dari berbagai virus, termasuk virus corona yang baru-baru ini sudah mulai menyebar ke berbagai negara di dunia. Virus corona juga diketahui menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, tidak terkecuali Si Kecil.

Oleh karena itu, para orang tua patut memperhatikan beberapa upaya pencegahan agar Si Kecil tetap terlindungi dari berbagai virus, termasuk virus corona.

Memberikan ASI Eksklusif

Air Susu Ibu (ASI) menjadi sesuatu hal yang penting bagi si kecil. Dilansir dari situs HaiBunda, dengan memberikan ASI kepada Si Kecil akan mengurangi risiko infeksi akut seperti diare, pneumonia, infeksi telinga, haemophilus influenza, meningitis, dan infeksi saluran kemih. Bahkan WHO pun menyarankan untuk pemberian ASI hingga usia 2 tahun.

Menggunakan Masker

Apabila orang tua terkena demam dan juga flu ada baiknya untuk memakai masker apabila berada dekat dengan Si Kecil. Hal itu dikarenakan imunitas tubuh dari si kecil yang masih belum bisa melawan segala jenis virus dan juga bakteri yang masuk. Sehingga memakai masker saat terkena demam menjadi satu hal yang wajib.

Berikan Vaksinasi

Imunisasi adalah hal yang wajib diberikan kepada si kecil dalam mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus. Lewat imunisasi juga, si kecil mendapatkan perlindungan dan juga menghilangkan risiko terkena penyakit jahat.

Memenuhi Asupan Buah dan Sayur

Antioksidan yang terkandung di dalam buah dan sayur dapat membantu sistem kekebalan tubuh mencegah dan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus berbahaya. Karenanya, berikan si kecil asupan buah dan sayur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaganya dari segala serangan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan yang dibutuhkan oleh si kecil sama dengan yang dibutuhkan oleh orang dewasa tetapi sesuai dengan usia seperti nutrisi mikro dan makro.

"Pemberian buah pada anak biasanya untuk snacking atau makanan tambahan bukan sebagai makanan utama karena buah lebih banyak mengandung karbohidrat dan nutrisi mikro vitamin dan mineral. Pada si kecil di bawah 1 tahun yang belum bisa diberikan buah segar atau potong karena saluran cernanya belum siap. Jangan memberikan jus juga, tetapi berikanlah buah murni (puree buah) yang sudah dihaluskan," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Dalam memberikan puree buah pun sebenarnya tidak sulit, Anda bisa memberinya Milna Nature Delight yang merupakan 'Cara Mudah Makan Buah'. Ini dikarenakan Milna Nature Delight merupakan 100% buah asli, tanpa bahan pengawet, dan tanpa penambahan gula yang bisa dikonsumsi oleh si kecil untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung semua kebaikan buah.



Simak Video "Riset Ahli Soal Kasus Pasien Sembuh Corona Kembali 'Terinfeksi'"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)