Rabu, 19 Feb 2020 15:38 WIB

Manfaat Baby Gym, Tingkatkan Perkembangan Kognitif hingga Sensori

Lusiana Mustinda - detikHealth
Diverse group of toddlers playing. Manfaat baby gym. Foto: iStock
Jakarta -

Latihan fisik ringan bisa diterapkan pada si kecil. Melakukan permainan sambil berolahraga ini tidak hanya bisa membuat si kecil senang, tetapi juga memberikan beberapa manfaat.

Banyak metode yang dilakukan untuk menstimulasi otak bayi, mulai dari buku bacaan, musik klasik hingga makanan. Cukup luangkan untuk baby gym dalam waktu 10-15 menit.

Baby gym juga dapat diartikan sebagai senam pada bayi. Baby gym adalah salah satu cara untuk menstimulasi si kecil dengan beberapa latihan gerakan. Baby gym dapat dilakukan sejak anak berusia 3-5 bulan.

Dikutip dalam kidsdevelopment, gerakan baby gym sangat bermanfaat bagi anak-anak dan berperan penting dalam tahap perkembangan anak. Kelas baby gym tahap pertama bisa dimulai sejak usia 3 bulan. Tetapi ibu juga bisa memulainya dari usia 6 bulan ketika anak sudah belajar jalan atau merangkak.

Tempat baby gym juga tersebar di beberapa tempat, tidak hanya Jakarta tetapi juga beberapa daerah di kota lain.

Berikut ini manfaat baby gym yang perlu ibu ketahui dalam parenting.firstcry:

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik


Bayi dapat mengembangkan keterampilan motorik ketika mereka latihan di baby gym atau pusat kebugaran bayi. Mainan-mainan seperti baby gym ball hingga lengkungan gimnasium bayi dapat mendorong mereka meraih dan menggenggam.

Bayi juga mulai menendang kakinya ketika dia tertarik secara visual ke mainan atau cermin yang dipantulkan ke wajah atau suara yang berasal dari baby gym musical.

Gerakan-gerakan seperti menendang dan menggenggam dapat membantu perkembangan otot di sekitar kaki, lengan, leher, dan perut.

Manfaat baby gym.Manfaat baby gym. Foto: iStock

2. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangannya

Baby gym juga dapat membantu koordinasi tangan dan mata sehingga lebih fokus kepada objek dan menyatukan kedua tangan di garis tengah tubuhnya. Penggunaan baby gym secara rutin dapat meningkatkan refleks dan membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk perkembangannya secara keseluruhan.

Manfaat baby gym.Manfaat baby gym. Foto: iStock

3. Meningkatkan Perkembangan Kognitifnya

Bergelantung di sebuah alat yang ada di baby gym bisa meningkatkan imajinasi bayi. Suara, bentuk, warna, dan tekstur dapat merangsang perkembangan mental dan kognitif bayi.

Penggunaan teratur akan membantu bayi mengenali berbagai warna, pola, dan tekstur. Pusat bermain bayi atau gym ball juga dapat si kecil lebih mengenali dirinya.

4. Mengembangkan Keterampilan Visual dan Sensorinya

Ketika bayi menjangkau untuk mengambil mainan, mereka juga belajar untuk fokus pada objek sehingga meningkatkan persepsi visual mereka.

Tentunya gerakan baby gym antara usia 3-6 bulan dan 6-15 bulan berbeda.



Simak Video "Protokol yang Harus Diperhatikan saat Nge-gym di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)