Kamis, 20 Feb 2020 17:37 WIB

Waspada! Sering Merasakan Ini Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sakit Jantung Ilustrasi terkena serangan jantung. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Serangan jantung sering disebut sebagai silent killer. Saat mengalaminya, bisa merasakan gejala bisa juga tidak sama sekali.

"Serangan jantung itu 60 persen menunjukkan gejala seperti nyeri dada dan semacamnya. Tapi, 40 persen lainnya justru tidak menunjukkan gejala apapun," kata dr Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), dari RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Kamis (20/2).

Terkadang juga penyakit ini terjadi bukan dengan tidak ada gejala, tapi mungkin kita tidak pernah menyadari saat merasakan. Ada beberapa gejala serangan jantung yang sering diabaikan.

"Ada banyak. Gejala serangan jantung tidak selalu soal sesak napas dan nyeri dada saja. Kadang-kadang bisa seperti masuk angin dan keringetan," jawabnya.

dr Ario melanjutkan, tanda-tanda lain serangan jantung bisa seperti kepala yang sangat terasa pusing, punya riwayat pingsan, dada serta napas terasa berat, dan jantung berdebar terlalu cepat bahkan terlalu lambat.

"Tapi gejala seperti ini tidak selalu juga serangan jantung. Agar lebih jelas lagi, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat sebelum terlambat," kata dr Ario.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)