Kamis, 20 Feb 2020 18:28 WIB

Studi Terbaru Sebut Infeksi Virus Corona Dapat Sebabkan Kemandulan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Ilustrasi seorang ilmuwan yang sedang meneliti virus corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 sampai saat ini belum diketahui dengan pasti apakah hanya menyerang saluran pernapasan saja atau bisa berdampak pada organ tubuh lain.

Baru-baru ini terdapat studi terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Kedokteran Nanjing dan Rumah Sakit Suzhou. Penelitian ini mengatakan pria yang terinfeksi COVID-19, kemungkinan akan mengalami masalah kesuburan atau mandul.

Dikutip dari Thailand Medical News, penelitian yang dipimpin oleh Kepala Departemen Urologi Rumah Sakit Suzhou, Dr Jianqing Wang ini telah dipublikasikan dalam laporan berjudul 'ACE2 Expression in Kidney and Testis May Cause Kidney and Testis Damage, After 2019-nCoV Infection'
dan dapat diakses melalui laman medrxiv.org.

Penelitian yang dilakukan terhadap 146 pasien pria positif COVID-19 ini menemukan bahwa virus corona menyerang angiotensin converting enzyme 2 (ACE2) di ginjal dan testis sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan tersebut.

Hasilnya pun cukup mengejutkan, lantaran jaringan testis yang rusak akibat infeksi virus corona dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan pada sebagian besar pasien pria.

Studi ini belum ditinjau oleh para ilmuwan lainnya.



Simak Video "Negara Bebas Corona, Mana Saja Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)