Minggu, 23 Feb 2020 10:16 WIB

Viral Ibu-ibu Jambak Penumpang di KRL, Kenapa Mudah Sekali Marah?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Screenshot video viral. Viral ibu-ibu jambak penumpang lain di KRL (Foto: Screenshot video)
Jakarta -

Viral video cekcok antara seorang ibu dam salah satu penumpang wanita di KRL. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengimbau penumpang saling menghormati satu sama lain.

"Mari saling menghormati satu sama lain, saling jaga kenyamanan pengguna jasa commuterline," pesan Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba.

Video cekcok antarpenumpang KRL itu diunggah oleh akun Twitter, @rinafarzia pada Minggu (23/2/2020). Dalam video tersebut nampak seorang penumpang KRL berdiri dan marah-marah ke salah seorang penumpang lainnya yang sedang duduk.

Penumpang yang marah-marah itu bahkan sempat menarik tas hingga menjambak penumpang yang ia marahi. Petugas keamanan gerbong pun langsung memisahkan. Sebelumnya hal yang sama pernah terjadi, seorang ibu marah-marah di KRL karena disebut tua. Apa sih sebenarnya yang membuat orang mudah marah?

Berikut 3 penyebab orang mudah marah, dikutip dari Health:

1. Cemas

Gangguan kecemasan tentu bisa memicu semua emosi, termasuk amarah. Cemas didefinisikan sebagai ketakutan yang bersifat sementara, bisa menghilang setelah masalah atau situasi selesai, tetapi kecemasan biasanya sulit dihadapi banyak orang.

Sulit bagi orang yang menderita gangguan kecemasan untuk memahami apa yang menyebabkan gejala-gejala mental dan fisik seperti stres yang bisa membuatnya marah.

2. Kebiasaan buruk

Beberapa orang mudah marah dengan orang lain karena kebiasaan buruknya. Ini adalah reaksi seseorang ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan apa yang ia inginkan.

3. Trauma

Kejadian traumatis misalnya kekerasan, melihat langsung kematian brutal, atau kecelakaan, bisa jadi pemicu orang mudah marah. Hal ini bisa menyebabkan gangguan stres pascatrauma.

Orang yang mengalami kondisi ini tidak dapat melupakan insiden traumatis di masa lalu yang dialaminya, hingga bisa timbul emosi yang membuat ia mudah marah.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)