Senin, 24 Feb 2020 05:00 WIB

Round Up

Pertama dalam Sejarah, Ruang Radiologi RSCM Kebanjiran

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
RSCM Sempat Kebanjiran, Menkes Cek Peralatan yang Terendam Banjir sempat menggenangi selasar ruang radiologi RSCM (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Hujan deras pada Minggu pagi (23/2/2020) membuat beberapa wilayah tergenang banjir. Kali ini Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) turut merasakan dampaknya.

Banjir yang terjadi di RSCM tersebut awalnya hanya setinggi mata kaki atau sekitar 8 cm, terjadi pada pukul 05.00. Menjelang pukul delapan pagi, genangan air mulai surut. Namun pukul 11:00, Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo mengunggah sejumlah foto-foto banjir di RSCM. Dikatakan bahwa banjir tersebut masuk ke ruang radiologi dan merusak beberapa alat.

Kabar terakhir pada 13:30 sesuai rilis pihak RSCM, pelayanan pasien di RSCM masih belum terganggu dan tetap berjalan seperti biasa. Namun tim Fasmed RSCM dan BPFK Jakarta langsung melakukan pengecekan alat-alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar oleh genangan air tersebut.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta Satriadi di RSCM Jakarta, menyebut banjir di RSCM terjadi karena saluran pembuangan air di RSCM terlalu kecil.

"Setelah kita cek ternyata memang ada daya tampung (air di) taman yang dekat dengan ruangan radiologi yang karena tidak tertampung. Kemudian air melimpah ke ruangan itu (radiologi)," katanya, Minggu (23/2/2020).

Menanggapi hal ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto langsung mengunjungi lokasi. Ia meminta semua alat medis yang terendam untuk segera dicek.

"Kita cek, sudah dibersihkan semua. Vendor-vendor kita panggil sesuai dengan merek alatnya untuk bisa dipercepat (pengeringan) agar alat-alat tersebut bisa beroperasional segera. Nanti alat-alat setelah dikeringkan langsung dicoba oleh vendor. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam waktu singkat," kata Terawan.

Dia menjelaskan, banyak peralatan medis di RSCM yang terendam. Menkes Terawan mengungkapkan semua alat medis harus segera dikeringkan agar pelayanan bisa kembali normal.

Kepada wartawan, Direktur Pengembangan dan Pemasaran RSCM dr Ratna Dwi Restuti membenarkan bahwa ini adalah kali pertama alat-alat radiologi RSCM kebanjiran.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)