Senin, 24 Feb 2020 12:29 WIB

Mitos-mitos Sesat Soal Kandungan, Salah Satunya Berenang Bisa Bikin Hamil

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ibu hamil di air atau di kolam Hamil gara-gara sperma di kolam renang? Dipastikan itu hoax. (Foto: Thinkstock)

3. Ngidam tak dituruti bikin anak ileran

Hingga kini masih banyak yang percaya jika sedang ngidam baiknya dituruti karena jika tidak, anak akan ileran. Spesialis kandungan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menegaskan hal tersebut mitos.

"Ngidam dan ngileran hanyalah sebuah mitos. Tidak terbukti di sisi medis. Berapa banyak sih Anda melihat anak kecil yang ileran? Atau mungkin definisi operasional dari kata ileran itu apa? Apakah produksi iler dalam jumlah tertentu? Nope. Can't explain? Than it's a myth," imbuhnya.

4. Minum air es, bayi lahir besar

Saran lain yang sering didengar oleh ibu hamil adalah menghindari minum air es karena diduga bisa membuat bayi lahir besar. Padahal bayi yang terlahir besar dipengaruhi oleh banyak hal seperti genetik, nutrisi dan kondisi ibu.

"Tidak ada hubungan antara minum air es dengan berat badan lahir bayi, namun minumlah air yang benar-benar matang untuk kesehatan bayi," tulis dr Sudung O Pardede, SpA(K), Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, dan dr Budi Iman Santoso, SpOG(K) dalam buku 'Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi'.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(kna/up)