Rabu, 26 Feb 2020 09:30 WIB

Gara-gara Satu Orang Positif COVID-19, 1.000 Tamu Hotel Diisolasi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Otoritas di Italia utara memerintahkan penutupan sekolah-sekolah, bar dan tempat-tempat publik lainnya di 10 kota akibat virus corona. Satu tamu hotel asal Italia positif terinfeksi virus corona. Foto ilustrasi: Ap Photo/Luca Bruno
Jakarta -

Sekitar 1.000 tamu di Hotel Tenerife, Spanyol terpaksa harus diisolasi pada Selasa (25/2) pasca satu di antaranya positif COVID-19. Pasien yang positif diketahui berasal dari Italia.

"Para tamu hotel sedang dipantau kesehatannya. Tapi, sejauh ini kami belum memikirkan untuk melakukan karantina," jelas juru bicara Badan Kesehatan Veronica Martin yang dikutip dari The Straits Times.

"Untuk tamu asal Italia itu memang menginap di hotel dan sedang liburan di Tenerife," sambungnya.

Pasien positif COVID-19 tersebut saat ini sedang diisolasi sambil menjalani tes keduanya, yang diharapkan akan keluar hasilnya pada Selasa (25/2). Pihak Badan Kesehatan mengatakan tes kedua ini akan menentukan tindakan apa yang diambil untuk tamu hotel lainnya.

Saat akan diisolasi, pihak manajemen hotel telah memberikan arahan dan pemberitahuan sebelumnya. Mereka diminta untuk tetap berada di dalam kamarnya masing-masing.

"Dengan menyesal kami beritahukan atas alasan kesehatan, hotel ini ditutup. Anda harus tetap berada di kamar sesuai dengan permintaan badan kesehatan," tulis pemberitahuan tersebut.

Diketahui, tamu asal Italia tersebut adalah seorang dokter dari Lombardy, daerah yang terletak di utara Italia. Daerah itu merupakan salah satu titik penyebaran virus corona di negara tersebut.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)