Rabu, 26 Feb 2020 10:00 WIB

Swiss Laporkan Kasus Pertama Virus Corona COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
London, January 26, 2020. People wearing a face masks to protecting themself because of epidemic in China. Selective Focus. Concept of coronavirus quarantine. MERS-Cov, middle East respiratory syndrome coronavirus, Novel coronavirus 2019-nCoV. Swiss mengkonfirmasi kasus pertama Virus Corona COVID-19. Foto ilustrasi: Powerofflowers
Jakarta -

Swiss laporkan kasus pertama COVID-19. Kasus pertama ini dijelaskan Federal Office of Public Health pada (25/2/2020).

Departemen kesehatan belum mengumumkan rincian lebih lanjut terkait di mana kasus pertama tersebut terdeteksi. Namun, salah satu media Swiss, RTS, mengatakan pihak berwenang di Ticino, di perbatasan ke Italia, telah mengonfirmasi kasus itu terjadi di wilayah mereka.

Saat ini di Italia sudah ada sekitar 260 orang terinfeksi COVID-19. Tujuh orang di Italia pun dilaporkan meninggal. Hal ini membuat negaranya menjadi negara dengan wabah COVID-19 terbesar di Eropa.

Mengutip Mothership, Kanton Ticino di Swiss Selatan telah menerapkan langkah-langkah baru untuk menghindari semakin luasnya penyebaran virus corona baru.

Menteri Kesehatan Swiss mengatakan, bahwa situasi di Italia sedang dipantau dan langkah-langkah yang direncanakan telah dikembangkan selama beberapa minggu.

Seorang juru bicara Kantor Federal Kesehatan Masyarakat Swiss mengatakan kepada media lokal bahwa mereka khawatir tentang wabah di negara tetangga Italia. Mereka mengatakan penyebaran virus ini harus dikendalikan dengan segala cara.

"Kami memantau situasi dari jam ke jam dan siap untuk melindungi masyarakat," ujarnya.

Meski begitu saat ini Swiss disebut belum menerapkan pembatasan perjalanan seperti yang dilakukan di negara lain. Swiss menilai hal tersebut tidaklah efektif.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)