Kamis, 27 Feb 2020 11:28 WIB

Wanita Ini Positif Virus Corona Setelah 8 Kali Dinyatakan Negatif

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh. Seorang wanita positif COVID-19 setelah dites 8 kali. Foto ilustrasi: AP Photo
Jakarta -

Seorang wanita 56 tahun dikonfirmasi positif virus corona setelah sebelumnya ia menjalani delapan kali tes dan dinyatakan negatif.

Dikutip dari Sichuan Online, wanita yang bermarga Tang ini kembali ke kota asalnya di Anyue, China, pada 23 Januari lalu untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Tak lama setelah itu, ia mengetahui bahwa salah satu rekannya terinfeksi COVID-19 yang membuat Tang harus dikarantina pada 2 Februari.

Selama masa karantina dari 7 hingga 23 Februari, total delapan tes swab yang dilakukan pada Tang. Petugas medis juga melakukan deteksi asam nukleat dengan teknik PCR (polymerase chain reaction) untuk menentukan apakah Tang terinfeksi COVID-19 atau tidak.

Hasil total delapan kali tes tetap menunjukkan dirinya negatif. Setelah itu dia dipindahkan ke rumah sakit lain di kota Ziyang. Tiga hari kemudian Tang kembali menjalani tes dengan uji klinis dan dikonfirmasi dia terinfeksi virus corona.

Ini menunjukkan bahwa masa inkubasi bisa lebih dari dua minggu karena Tang telah dikarantina selama hampir tiga minggu dan pada saat itu dinyatakan negatif virus.

Sementara masa inkubasi berlangsung sekitar 14 hari, ada beberapa kasus saat periode inkubasi berlangsung 24 hari. Saat ini banyak yang meragukan metode identifikasi awal karena bisa saja banyak orang yang terinfeksi tidak ditemukan.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)