Sabtu, 29 Feb 2020 17:01 WIB

Studi: Kecanduan Smartphone Sama Bahayanya dengan Ketagihan Narkoba

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Disappointed sad woman holding mobile phone while laying on bed at night Kecanduan smartphone sama bahayanya dengan ketagihan narkoba. (Foto: iStock)
Jakarta -

Kemajuan teknologi membuat segalanya menjadi lebih praktis, terlebih semuanya bisa dilakukan hanya dengan melalui smartphone. Tetapi penggunaan smartphone yang berlebihan justru bisa menyebabkan kecanduan, bahkan sama parahnya seperti pecandu narkoba.

Mengutip dari Times of India, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Addictive Behavior menyatakan bahwa smartphone memiliki efek yang sama pada otak, ketika mengonsumsi obat-obatan narkotika.

Sebanyak 48 orang dan 22 di antaranya menderita kecanduan smartphone, diteliti dengan melakukan pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) untuk mengetahui kondisi perbedaan otak mereka.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang menderita kecanduan smartphone mengalami perubahan ukuran dan kepadatan otak, sehingga berimbas pada kemampuan berbicara, penglihatan, emosi dan pengendalian diri. Tak hanya itu, perubahan struktur otak yang terjadi menunjukkan adanya kesamaan dengan mereka yang kecanduan narkoba.

Namun tak perlu khawatir lantaran kecanduan smartphone masih bisa diatasi dengan berbagai cara, seperti mengurangi waktu bermain media sosial, mematikan notifikasi dan perbanyak aktivitas di lingkungan.



Simak Video "Peneliti Kemenkes Ungkap Risiko Bila Ganja Tetap Dijadikan Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)