Senin, 02 Mar 2020 05:30 WIB

5 Hoax Seputar Corona, Zona Kuning hingga 136 Pasien Dalam Pengawasan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sosialisasi dan edukasi pencegahan virus corona dilakukan di Stasiun Gambir, Jumat, (31/1/2020). Berikut foto-fotonya. Hoax seputar virus corona bermunculan di media sosial (Foto: Pradita Utama)

4. Hoax jemaah umroh RI ditolak Arab Saudi karena positif corona

Ada 280 jamaah dari palembang dan makassar disini .. semua pada nangis
18 jamaah indonesia di nyatakan positif terinfeksi virus corona . sekarang mereka semua 1 pesawat tidak diijinkan masuk saudi harus dibawa pulang ke INDONESIA

Pesan tersebut beredar luas di media sosial dan jejaring pesan instan. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto memastikan informasi tersebut tidak benar sama sekali.

"Itu hoax jangan disebarkan lagi," katanya saat dihubungi detikcom, Jumat (28/2/2020).

5. Paus Franciscus terinfeksi virus corona

Virus corona COVID-19 tengah menghantui Eropa, termasuk Italia. Sebuah media asing MCM membagikan informasi bahwa Paus Franciscus dan dua pembantunya positif mengidap coronavirus dan menjalani karantina. Informasi tersebut lalu viral dibagikan di media sosial.

Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Agus Sriyono memastikan tidak ada informasi resmi yang menyebut Paus terinfeksi virus corona. Pembatalan sejumlah agenda kepausan disebutnya karena 'The Pope has a mild indisposition'.

"Dari pantauan kami sampai Sabtu malam (29/2), baik melalui berita resmi dari Vatikan, Italia, dan kontak pribadi dengan pejabat Vatikan, tidak satu pun menyatakan Paus Fransiskus terinfeksi virus Corona," tegasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)