Rabu, 04 Mar 2020 22:09 WIB

Wali Kota Depok Sebut TB Lebih Mematikan dari Virus Corona, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Wali Kota Depok M Idris Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau warga tak panik karena corona. (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau warga tak panik karena virus corona COVID-19. Ia menyebut ada penyakit lain yang endemik di Indonesia dan lebih berbahaya seperti misalnya tuberkulosis (TB).

"Tetap waspada tapi jangan panik. Kita semangat untuk hidup. Ini mohon maaf tingkat kematian corona itu jauh lebih rendah daripada TBC, tuberkulosis," kata Mohammad Idris pada media beberapa waktu lalu.

Terkait hal tersebut Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr Rita Rogayah, SpP(K), MARS, berkomentar memang ada benarnya. Indonesia merupakan negara dengan jumlah TB tertinggi ke-tiga di dunia dengan estimasi angka sekitar 845 ribu kasus menurut laporan Global TB oleh Organisasi kesehatan Dunia (WHO).

"Berarti kita jalan di mana pun mungkin kita bisa tertular TB," kata dr Rita dalam temu media di RSUP Persahabatan, Rabu (4/3/2020).

"Jadi itu juga dipikirkan jangan takut dengan COVID saja. Ingat dong kita angka TB-nya tinggi," lanjutnya.

Untuk tingkat kematian sebagai perbandingan dr Rita menyebut COVID-19 yang belum ada obatnya berada di angka sekitar tiga persen. Sementara TB menurut WHO ada di angka 45% bila tak ditangani dengan baik.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)