Kamis, 05 Mar 2020 12:49 WIB

Wali Kota Depok Sebut Wudu Bisa Tangkal Virus, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Wali Kota Depok M Idris Walikota Depok sebut wudhu tangkal virus. (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Depok Muhammad Idris Abdul Somad meminta masyarakat tidak panik terkait wabah virus corona. Idris mengajak masyarakat rajin berdoa dan menyebut sebetulnya wudu bagi umat muslim bisa jadi cara untuk menangkal segala macam virus.

"Untuk menangkal sebenarnya kalau umat Islam sudah biasa menangkal suatu virus. Virus apa pun ya dengan kita berwudu, dengan kita memelihara wudu itu penangkalan virus-virus apa saja," kata Idris saat memberi sambutan di Polresta Depok, Jl Margonda Raya, Kamis (5/2/2020).

Terkait wudu jadi penangkal virus, sebelumnya pernah beredar juga informasi di media sosial yang menyebut air dapat menghancurkan virus corona.

"Mengenai virus corona kita di Indonesia tidak perlu terlalu was-was, pertama kita kaya dengan air. Virus-virus itu akan cepat hancur dengan air apalagi kaum muslimin berwudhu 5 kali sehari semalam. Virus virus itu akan mati ketika kita berwudhu," tulis satu pengguna Facebook yang pesannya sudah dibagikan lebih dari 11 ribu kali.

Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas menegaskan informasi tersebut keliru. Menurut dr Dirga virus corona sejauh ini bisa 'dibunuh' dengan menggunakan disinfektan bukan air biasa.

"Tidak benar. Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona bisa mati dengan air biasa," kata dr Dirga pada detikcom beberapa waktu lalu.

"Disinfektan yang dapat membunuhnya: alkohol dengan kadar minimal 70%, klorin, hidrogen peroksida, dan kloroform. Virus ini juga mati pada pemanasan dengan suhu 56 C minimal selama 30 menit," pungkasnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)