Kamis, 05 Mar 2020 19:07 WIB

Survei Sebut Hampir 48 Persen Orang Percaya Indonesia Kebal Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
simulasi corona rsud soeselo Masih ada yang percaya orang Indonesia bebas virus corona. (Foto ilustrasi: Imam Suripto/detikHealth)
Jakarta -

Lembaga survei KedaiKOPI baru-baru ini mengeluarkan hasil survei tentang persepsi masyarakat terkait virus corona (COVID-19) di Indonesia. Hasilnya ternyata masih ada yang percaya bahwa orang Indonesia kebal virus corona.

Survei pada 483 responden menemukan orang-orang mendapatkan informasi tentang virus corona paling tinggi di media sosial. Sumber lain yang juga diandalkan adalah media online, televisi, dan grup WhatsApp.

Sebagian besar responden sebetulnya menganggap virus corona sebagai ancaman yang serius dan tidak percaya orang Indonesia kebal corona. Namun, masih ada 47,9 persen yang percaya.

"Mayoritas responden tidak percaya terhadap informasi tentang orang Indonesia kebal terhadap virus Corona/Covid-19, namun masih ada 47,9% yang percaya bahwa orang Indonesia memiliki kekebalan terhadap Covid-19. Edukasi harus terus dijalankan," tulis KedaiKOPI dan dikutip pada Kamis (5/3/2020).

Terkait hal tersebut vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, menyebut konfirmasi WNI yang positif virus corona sebetulnya sudah mematahkan mitos orang Indonesia kebal corona.

"Sampai saat ini belum ada bukti yang kuat bahwa virus ini cenderung menginfeksi ras atau etnis tertentu. Siapa saja bisa terinfeksi," kata dr Dirga.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)