Sabtu, 07 Mar 2020 20:00 WIB

Ketahui Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan

Siti Masluha - detikHealth
Seorang pria tidur tengkurap Posisi tidur tengkurap belum tentu baik untuk tubuhmu. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Posisi tidur tengkurap mungkin menjadi favorit beberapa orang untuk bersantai sambil menonton film, mengerjakan tugas, atau bermain ponsel.

Selain untuk bersantai, posisi ini juga sering dilakukan untuk tidur atau membaca buku. Namun, ternyata posisi tengkurap memiliki bahaya bagi kesehatan kita.

Pada posisi ini, tubuh akan meregangkan leher, menaikkan bahu hingga menyentuh telinga, dan meletakkan tangan dalam posisi yang kurang nyaman. Hal ini akan memberi banyak tekanan pada persendian yang menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, masih ada bahaya lain yang mengancam karena kebiasaan melakukan posisi tengkurap. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus menghindari posisi ini, dilansir dari Healthline.

1. Kekurangan oksigen

Saat tidur dengan posisi tengkurap, dada kamu akan tertekan dan menyebabkan lubang hidung tidak terbuka secara bebas.

Hal itu bisa membuat kamu sulit bernapas sehingga tubuh kekurangan oksigen dan akibatnya kamu mungkin tetap merasa lelah ketika bangun di pagi hari.

2. Menyebabkan nyeri leher

Posisi tengkurap mengharuskan kamu memiringkan kepala agar tetap bisa bernapas. Jika itu dilakukan dalam waktu yang lama, maka akan membuat leher kamu menjadi nyeri.

3. Mengganggu kesehatan usus

Ketika tengkurap, bagian punggung bawah akan menahan banyak tekanan dan hal ini dapat meningkatkan risiko sciatica atau kondisi nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit.

Sebuah studi juga menemukan, masalah pada punggung bagian bawah dapat menyebabkan sembelit dan masalah usus.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)