Minggu, 08 Mar 2020 15:30 WIB

Dikait-kaitkan dengan ABG Bunuh Bocah, Apa Bedanya Psikopat dan Sosiopat?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Child snickers marking as evidence, experts working on crime scene, car accident ABG bunuh bocah lima tahun, mungkinkah termasuk psikopat atau sosiopat? (Foto ilustrasi: Getty Images)

3. Pola pikir

Orang yang sosiopat tidak bisa mengontrol pola pikir bahkan emosinya sendiri. Ia lebih tertarik pada dirinya sendiri dibandingkan orang lain. Sosiopat juga disebut sebagai 'berkepala panas', mereka suka bertindak tanpa memikirkan respons dari orang lain.

Sementara psikopat disebut 'berhati dingin'. Dalam melancarkan aksinya, mereka akan sangat hati-hati dan terencana dengan baik. Bahkan bisa melakukan aksi tanpa diketahui bahwa dialah pelakunya. Sangat pintar bukan?

4. Perbedaan otak

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, otak dari psikopat tidak sama dengan orang lainnya. Perbedaan tersebut terdapat pada fungsi dasarnya ke tubuh. Misalnya, saat banyak orang melihat darah umumnya jantung dan napas akan bergerak lebih cepat hingga telapak tangan berkeringat.

Tapi, pada psikopat reaksinya akan sebaliknya. Dia menjadi lebih tenang dan tidak takut saat terlibat dalam perilaku yang berisiko. Mereka juga tidak takut konsekuensi yang akan ditanggungnya.

Sementara pada sosiopat, kinerja otaknya hampir sama dengan orang pada umumnya. Masih memiliki rasa takut atau khawatir terhadap sesuatu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(naf/up)