Senin, 09 Mar 2020 16:14 WIB

Antisipasi Virus Corona di Kampung ABK Tegal

Imam Suripto - detikHealth
simulasi virus corona Antisipasi virus corona (Foto: Imam Suripto/detikHealth)
Tegal -

RSUD Surodadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (9/3/2020) siang menggelar simulasi penanganan terhadap Anal Buah Kapal yang baru pulang melaut dari luar negeri. Simulasi ini untuk mengantisipasi sebaran virus corona di Kabupaten Tegal yang kemungkinan dibawa oleh ABK.

Simulasi ini melibatkan satgas mobile covid 19 yang dibentuk oleh RSUD Surodadi. Satgas itu nantinya akan langsung melakukan jemput bola setelah mendapatkan laporan dari masyarakat.

Dirut RSUD Surodadi dr Ruszaeni mengatakan, satgas mobile covid 19 ini dibentuk atas pertimbangan banyaknya warga Kabupaten Tegal yang bekerja di luar negeri sebagai TKI. Salah satu contohnya adalah Desa Surodadi Kecamatan Surodadi yang dikenal sebagai kampung ABK (anak buah kapal).

"Penyebaran virus oleh TKI yang pulang kampung harus diwaspadai. Untuk itu kami sebagai rumah sakit satelit, berinisiatif membentuk satgas mobil covid 19. Satgas ini sebagai bentuk kesiapan penanganan pasien corona. Satgas itu nantinya akan langsung melakukan jemput bola setelah mendapatkan laporan dari masyarakat," ujar Ruszaeni usai mengikuti simulasi.

Ruszaeni berharap, warga mengetahui apa yang harus dilakukan jika menemukan anggota keluarga yang baru pulang dari luar negeri mengalami gejala klinis mirip serangan virus corona. Dengan penanganan secara dini tersebut, diharap bisa mencegah virus corona menyebar ke wilayah Kabupaten Tegal.

"Intinya kami ingin warga mengetahui tindakan apa yang mesti harus dilakukan jika ada anggota keluarga yang baru pulang dari luar negeri mengalami gejala klinis seperti demam batuk dan sesak nafas," terang Ruszaeni.

Selanjutnya
Halaman
1 2